2020-03-12

BPTP-NTT Mendukung Kegiatan Akselerasi Komersialisasi Sumber Daya Genetik Lokal

BPTP NUSA TENGGARA TIMUR
...

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Timur (BPTP-NTT) merupakan salah satu BPTP yang menjalin kerja sama dengan Pusat Pendaftaran Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTP) untuk pendaftaran SDG lokal melalui BB Pengkajian. Menindaklanjuti kerja sama tersebut, Tim SDG BPTP-NTT yang diwakili oleh Noldy R E Kotta, S.P., M.Sc. telah mengikuti Workshop Pengelolaan SDG Lokal di Hotel Sahira Bogor pada tanggal 3 - 4 Maret 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh oleh 33 peserta dari 33 BPTP, Narasumber dari PPVTPP, Tim kerja sama SDG PPVTPP, Balithi (Prof. Budi Marwoto), dan Tim SDG BB Pengkajian

Kegiatan dibuka oleh Prof. Dr. Sahardi mewakili Kepala BB Pengkajian. Dalam sambutannya disampaikan, Kerjasama BB Pengkajian dan PPVTPP dalam Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal tahun 2020 perlu segera ditindak lanjuti dan Kesepakatan Bersama termasuk Pedoman Pelaksanaannya. Selama ini, pendaftaran masih manual karena itu perlu dicari solusi agar mulai tahun 2020, pendaftaran varietas lokal dilakukan secara on-line.

Materi workshop yang disampaikan meliputi Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal TA 2020 oleh Ir. Asril, MM, Sosialisasi Pendaftaran Secara Online oleh Alidin, SP, serta Teknik Fotografi mendukung Penyiapan Materi secara Online oleh R. Priyadi Soefjanto, M.S. Materi – materi tersebut disampaikan untuk mendukung pendaftaran varietas secara online yang akan mulai diterapkan pada tahun 2020.

Tahun 2020, Tim SDG BPTP-NTT merencanakan akan mendaftarkan 10 varietas lokal ke PPVTPP untuk menindaklanjuti kerja sama tersebut. (NK)

#SahabaTani #SalamInovasi #bptpntt

Unduh Berkas Disini
Sub Sektor : Jagung, Sorgum, Mangga, Lain-Lain
Komoditas : Tanaman Pangan, Hortikultura, Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan : WORKSHOP PENGELOLAAN SDG LOKAL
http://ntt.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita-news/779-bptp-ntt-mendukung-kegiatan-akselerasi-komersialisasi-sumber-daya-genetik-lokal