2020-03-11

Mendukung Program Gema Agung NTT Dan Revolusi 5P BPTP NTT Dan Dinas Pertanian Provinsi NTT Selenggarakan Temu Lapang Gelar Teknologi Jagung Hirbida

BPTP NUSA TENGGARA TIMUR
...

#SahabaTani #SalamInovasi #bptpntt

Bertempat di Kelompok tani Amkenat, Desa Oeteta, Kec.Sulamu dilaksanakan Temu Lapang Gelar teknologi Jagung hibrida mendukung program Gema Agung NTT dan Revolusi 5 P.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Kupang yang diwakili oleh Asisten 2 Bidang perekonomian dan Pembangunan, Anggota DPRD Dapil 2, Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Prov. NTT, Kadis. Pertanian Kab. Kupang, Peneliti dan Penyuluh BPTP NTT, Danramil dan Polsek Kec. Sulamu, Produsen benih,Kelompok tani (Kec.Sulamu, Kupang Timur, Amabi Eefeto,Fatuleu)

Disampaikan oleh Koordinator Lapangan Dr.Evert Y Hosang Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, BPTP Balitbangtan NTT, Dinas Pertanian Kabupaten NTT, Kelompok Tani Amkenat, Poktan.Nekamese, Poktan.Sehati dan Produsen Benih Jagung (Badan Litbang Pertanian, PT.Agri Makmur Pertiwi, PT.Pioner, PT.Bisi, PT.BCA, dan PT.Sygenta)
Sebagai informasi kegiatan Budidaya Jagung hibrida ini dilaksanakan di 3 Kelompok Tani yaitu Poktan. Amkenat, Poktan.Nekamese dan Poktan.Sehati dengan Total Luasan 35 Ha. Adapun Varietas yang ditanam dimasing masing kelompok tani adalah : Poktan Amkenat (Nasa 29, JH 27, JH 37, JH 45, Pertiwi 2,3,5,6, Bisi 18,99, dan 220) Poktan Nekamese ( Nasa 29, JH 37, RK.45 dan Betras 7) Poktan Sehati ( Nasa 29, NK 212, NK7328 SUMO dan Pioner P 21)
Dalam sambutanya Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Prov. NTT, Yohanes Oktovianus menyampaikan bahwa melalui kegiatan Gerakan Masyarakat Agribisnis Jagung (Gema Agung) diharapkan produksi jagung di NTT dapat meningkat 15.% dari produksi tahun sebelumnya.Hal tersebut dapat di capai melalui inovasi teknologi, perluasan tanam dan peningkatan indeks pertanaman sedangkan untuk modal tanam petani dapat mengakses modal KUR.

Gelar teknologi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk promosi penampilan varietas jagung hibrida unggul, dan gelar teknologi selanjutnya akan dilaksanakan ditempat yang sama untuk mengetahui produksi dan produktivitas dari masing-masing varietas jagung hibrida yang sudah di budidayakan
Mewakili Bupati Kabupaten Kupang, Asisten 2 bidang ekonomi dan pembangunan Jimi Uli dalam Sabmbutanya Sekaligus membuka acara temu lapang, Menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada BPTP NTT, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT,Dinas Pertanian Kabupaten Kupang, Kelompok Tani dan Produsen Benih yang telah mengadakan kegiatan Temu Lapang Gelar Teknologi Budidaya Jagung Hibrida.

Harapan kedepan acara ini dapat memberikan pengalaman baru bagi petani dan stake holder terkait untuk perbaikan dan peningkatan produksi dan produktivitas Jagung khususnya di kabupaten Kupang dengan harapan kesejahteraan masyarakat tani dapat meningkat. Dan dengan diselenggarakanya kegiatan temu lapang ini diharapkan petani pembudidaya dan petani undangan bisa tukar pengalaman, belajar dan menilai penampilan pertumbuhan jagung dari masing – masing varietas untuk proses budidaya selanjutnya.

Untuk diketahui, dalam acara temu lapang gelar teknologi Jagung hibrida kali ini peserta yang hadir dibagi menjadi 3 kelompok dalam rangka kunjungan lapangan dan pengamatan penampilan tanaman di 3 kelompok tani pembudidaya (kelompok tani Amkenat, Nekmese dan Sehati) yang dipandu langsung oleh PPL,staf BPTP dan produsen benih, dan hasil kunjungan lapangan tersebut kemudian didiskusikan untuk mengetahui respon dari petani. (Dwi P)

Unduh Berkas Disini
Sub Sektor : Jagung
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan : TEMU LAPANG GELAR TEKNOLOGI JAGUNG HIRBIDA
http://ntt.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita-news/778-mendukung-program-gema-agung-ntt-dan-revolusi-5p-bptp-ntt-dan-dinas-pertanian-provinsi-ntt-selenggarakan-temu-lapang-gelar-teknologi-jagung-hirbida