2020-03-10

Perkuat perekonomian petani peternak di Rote Ndao, BPTP-Balitbangtan-NTT perkenalkan Ayam KUB

BPTP NUSA TENGGARA TIMUR
...

Provinsi NTT merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang mempunyai wilayah perbatasan dengan negara lain (RDTL dan Australia).Empat Kabupaten di Wilayah Timor Barat mempunyai perbatasan darat dengan RDTL yakni Kabupaten Kupang dan TTU dengan distrik Oekusi, Kabupaten Belu dengan distrik Maliana dan Kabupaten Malaka dengan distrik Covalima.

Salah satu Kabupaten yang mempunyai wilayah pesisir perairan berbatasan dengan negara lain (Asutralia) adalah Kabupaten Rote. Dukungan inovasi pertanian pada wilayah perbatasan lainnya di NTT masih sangat diperlukan sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan wilayah perbatasan negara sebagai beranda depan NKRI.Melalui program Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT Tahun 2020 akan dilaksanakan kegiatan Model Pengembangan Inovasi Pertanian Bioindustri Perbatasan yang salah satunya adalah agribisnis ayam KUB.

Berkaitan dengan hal tersebut BPTP NTT pada tanggal 26 Februari 2020 melaksanakan kegiatan Koordinasi dengan Dinas terkait dan CPCL. Koordinasi yang dilaksanakan oleh Peneliti BPTP NTT dengan Dinas Peternakan Kabupaten Rote Ndao diterima langsung oleh Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Rote Ndao (Ir. Erens Sinlaeloe) yang didampingi Kabid Produksi. Berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Peternakan Kabupaten Rote Ndao difokuskan pada beberapa desa dan beberapa kecamatan, agar kegiatannya dapat berlanjut selain untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga juga punya jiwa orientasi bisnis yaitu pada peternak yang bersedia dan punya pengalaman beternak ayam.

Bersama tim dari Dinas Peternakan melakukan perjalanan menuju beberapa desa  yang ada di beberapa kecamatan seperti Desa Mokdale, Desa Oelunggu  Kecamatan Lobalain, Desa Tungganamo Kecamatan Pantai Baru dan beberapa desa lainnya untuk bertemu langsung, berdiskusi dengan calon peternak berkaitan dengan kesediaannya  untuk beternak ayam KUB dan langsung meninjau kandang ayam milik beberapa calon peternak yang dimaksud.

Calon peternak nantinya akan dibekali dengan i) Bimbingan teknis (Bimtek) budidaya ayam Kampung Unggul Badan Litbangtan (KUB) seperti perkandangan, pemeliharaan, pemberian pakan, kesehatan ternak dll. ii). Melakukan monitoring dan iii). Demonstrasi plot (Demplot). Melalui kegiatan tersebut diharapkan peternak dapat menerima dan menerapkan dengan baik untuk pemenuhan kebutuhan gizi keluarga, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan. (AR).

Unduh Berkas Disini
Sub Sektor : Ayam KUB
Komoditas : Peternakan
Teknologi yang Digunakan : KOORDINASI DENGAN DINAS TERKAIT DAN CPCL.
http://ntt.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita-news/777-perkuat-perekonomian-petani-peternak-di-rote-ndao-bptp-balitbangtan-ntt-perkenalkan-ayam-kub