2020-03-03

Bupati TTU Dukung Pengembangan Kawasan Hortikultura

BPTP NUSA TENGGARA TIMUR
...

#SahabaTani #SalamInovasi #bptpntt

Team PKH BPTP NTT sudah sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi NTT Bidang Hortikultura untuk mengkomunikasikan dan menyamakan persepsi tentang kegiatan Pendampingan Kawasan Berbasis Hortikultura di Provinsi NTT Tahun 2020. Dari hasil koordinasi tersebut BPTP NTT diberikan file data hasil CPCL tingkat Kabupaten se NTT dan team BPTP memilih untuk melaksanakan kegiatan PKH 2020 di Kabupaten Timor Tengah Utara.

Selanjutnya team PKH BPTP NTT melakukan koordinasi ke Dinas Pertanian Kabupaten TTU. Dalam kegiatan koordinasi dilaksanakan pertemuan singkat dengan Kabid Hortikultura, Tonce Seran, SP, Kabid Penyuluhan Chairel Malelak, SP, M.Si dan Kepala seksi Hortikultura, Petrus Bano.

Dalam pelaksanaan CPCL team langsung turun di kecamatan yang merupakan wilayah kawasan hortikultura untuk kabupaten TTU, yakni; Kecamatan Miomafo Tengah, Desa Nian di kelompok tani Oemanas, Kecamatan Insana Barat Desa Oabikase kelompok tani wanita Tunas Muda dan Kecamatan Kota Kefa, Kelurahan Tubuhue di kelompok tani Cinta Damai.

Di rumah ketua kelompok tani Cinta Damai team bertemu dengan Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes, S.Pt. Team langsung menyampaikan rencana kegiatan pendampingan teknologi pada kawasan hortikultura yang akan dilaksanakan di beberapa kelompok tani di Kabupaten TTU dengan target sasaran adalah 200 ha. Kegiatan pendampingan teknologi akan dilaksanakan dalam bentuk demonstrasi plot (demplot) dan Bimingan Teknis (Bimtek) tematik untuk komodity bawang merah TSS dan cabai rawit cakra putih. Luas demplot untuk bawang merah TSS 1 ha dan cabai rawit seluas 3 ha. Team juga menyampaikan bahwa Badan Litbang Pertanian ingin memperkenalkan teknologi biaya rendah kepada petani yakni tentang teknologi budidaya bawang asal biji (TSS). Bupati Raymundus menyambut baik rencana kegiatan tersebut Bupati Raymundus menyampaikan, beliau sangat mendukung kegiatan Pengembangan Kawasan Hortikultura di Kabupaten TTU.

Dalam benak Bupati Raymundus bahwa kegiatan pengembangan kawasan hortikultura harus sukses, dan berproduksi tinggi. Bupati Raymundus menginginkan program pendampingan kawasan hortikultura dapat membantu para petani untuk bisa menghasilkan benih cabai rawit maupun bawang merah untuk dikembangkan pada musim-musim selanjutnya agar petani tidak mengalami kesulitan benih. Selain itu Bupati Raymundus berharap agar kegiatan demplot dan bimtek tematik yang akan dilaksanakan dapat berdampak positif pada masyarakat petani pegiat hortikultura khususnya bawang merah dan cabai rawit. Sehingga ketersediaan produk bawang merah dan cabai rawit dapat memenuhi kebutuhan masyarakat TTU. (Kristina Lako, SST).

Unduh Berkas Disini
Sub Sektor : Bawang Putih, Cabai
Komoditas : Hortikultura
Teknologi yang Digunakan : KEGIATAN PKH 2020 DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA.
http://ntt.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita-news/773-bupati-ttu-dukung-pengembangan-kawasan-hortikultura